Bagaimana Jadinya Jika Di Bumi Tidak Ada Lautan? Ini Jawabannya!

TanyaIlmuwan - Lautan merupan hal terpenting di muka bumi ini. Banyak mata pencaharian yang diambil dari hasik laut contohnya mencari ikan. Pada dasarnya, lautan mempunyai dua peran yang sangat mendukung dalam kehidupan makhluk hidup, yaitu :

Pertama, laut berfungsi untuk menyerap dan mendistribusi raidasi menuju matahari. Untungnya, dengan adanya air, cuaca di bumi ini dapat terkendali. Arus di lautan mengedarkan air hangat tropis ke utara dan selatan, dan air dingin dikembalikan ke khatulistiwa. Dengan begitu, suhu di bumi tidak ada yang terlalu panas dan telalu dingin.
Image: Siklus Air (Indonesiastudents.com)
Kedua, lautan merupakan faktor utama dalam siklus air, yaitu pergerakan air dari laut menuju udara kemudian ke awan, lalu melayang dengan jauh, dan kembali lagi ke bumi melalui hujan.

Dari berbagai peranan penting lautan diatas tadi, pernahkah kita berpikir bagaimana jadinya jika di bumi ini tidak ada lautan atau lautan menghilang?

Bagaimana Jadinya Jika Di Bumi Tidak Ada Lautan? Ini Jawabannya!


Coba kita sekali kali berandai andai bahwa lautan menghilang menjadi tanah. Tetapi, agar kehidupan ini masih ada, kita anggap lautan yang menjadi tanah ini masih dalam keadaan lembab.

Apabila lautan menghilang, tetapi kita masih memiliki stok air yang berasal dari puncak es gunung, danau, dan juga sungai (yang telah menjadi tanah lembab). Jika kita jumlahkan, jumlah air pada saat itu hanya berkisar 3,5%, dimana sisanya yaitu sebesar 96,5% telah hilang bersama lenyapnya lautan.
Dengan jumlah air segitu, maka kita tidak akan cukup mendapatkan siklus air di seluruh dunia.

Jika awan tidak terbentuk, maka secara otomatis hujan akan sangat jarang terjadi dan juga bumi akan menjadi hamparan padang pasir. Danau dan seluruh persedian air, lambat laun akan semakin berkurang dan pada akhirnya habis.
Image: Tanah Gersang (Bersamadakwah.net)

Manusia mungkin hanya dapat bertahan hidup sebentar. Jika keadaan ini terjadi, kita masih bisa bertahan hidup menggunakan air dibawah tanah dan menanam tanaman hidroponik dimana mana. Akan tetapi, lambat laun tanaman itu akan mengering dikarenakan kurangnya air dan kobaran api pun menyerbar ke seluruh dunia.

Matahari pun akan terus memanaskan khatulistiwa, sedangkan gas rumah kaca akibat kebakaran akan menjebak seluruh energi matahari agar tetap berada di permukaan bumi.

Dengan berbagai peristiwa mengerikan itu, manusia berbondong-bondong untuk segera pindah. Satu satunya tempat tinggal adalah di lapisan es antartika. Tetapi, manusia juga tidak akan bisa bertahan lama di sana.
Image: Gunung Es Antartika (News.detik.com)

Seiring dengan habisnya sumber daya, maka lambat laun manusia akan mati. Begitu pula dengan seluruh hewab dan tumbuhan. Satu-satunya yang masih daoat bertahan hidup pada saat itu hanyalah bakteri chemosynthetic yang tersembunyi dibawah tanah di sumber air panas.
Image: Chemosynthetic (norwichgl111hydrothermalvents.blogspot.com)


Akhir Kata

Nah, itulah yang akan terjadi jika lautan di bumi ini hilang. Sangat mengerikan bukan? Jika hal ini terjadi, maka waktu kita hidup dibumi akan tidak lama lagi. Maka dari itu, kita harus menjaga seluruh sumber daya yang ada di bumi ini. Jika kamu memiliki tambahan, silahkan cantumkan di kolom komentar dibawah ini.

Berlangganan Update Artikel Terbaru Via Email:

0 Response to "Bagaimana Jadinya Jika Di Bumi Tidak Ada Lautan? Ini Jawabannya!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel