Hewan Yang Hampir Punah, Banyak Berasal Dari Indonesia


TanyaIlmuwan - Hewan di seluruh dunia ini sangatlah banyak. Masing-masing negara di dunia ini, pasti mempunyai hewan yang dijadikan suatu ciri khas di negara tersebut. Salah satu contohnya adalah Indonesia, yang memiliki hewan yang hanya terdapat di Indonesia yaitu Komodo.

Banyak juga hewan yang telah punah, yang sekarang hanya bisa kita lihat dan kita pelajari di dalam buku-buku dan juga gambarnya maupun fosilnya yang tersimpan di museum. Dan juga terdapat hewan yang populasinya hampir punah bahkan sekarang ada yang jumlahnya hanya 2 ekor. Apa saja hewan yang hampir punah itu? Simak pembahasan berikut.

Hewan Yang Hampir Punah, Banyak Berasal Dari Indonesia


1. Elang Flores Indonesia

Image: Elang Flores (Aktual.com)
Elang flores merupakan salah satu jenis elang endemik yang hanya ada di Indonesia. Elang Flores yang merupakan burung pemangsa yang dapat kita temui di Nusa Tenggara Timur. Sayangnya, Elang ini kini terancam punah. Terhitung saat ini, jumlah elang Flores ini hanya 250 ekor.

2. Badak Jawa

Image: Badak Jawa (Greeners.co)
Badak jawa ini atau biasa kita sebut sebagai badak bercula satu kecil ini merupakan badak yang sama dengan genus badak yang ada di negara India yang memiliki ciri khas kulit bermosaik yang menyerupai baju baja.
Namun, Badak yang asli berasal dari Indonesia ini hanya terdapat 33-45 ekor saja yang hidup di Taman Nasional Ujung Kulon.

3. Badak Putih Afrika Utara

Image: Badak Putih Afrika Utara (Suryamalang.tribunnews.com)
Mendengar judulnya saja kita sudahh mengetahui bahwa badak ini berasal dari negara Afrika Utara. Sebelumnya badak ini juga terdapat di Sudan, namun sudah mati. Sekarang populasi badak ini cukup miris, yaitu populasi badak ini hanya terdapat 2 ekor saja. Kedua badak itu pun  berjenis kelamin betina. Sedih banget ya.

4. Elang Jawa

Image: Elang Jawa (majalengkaundercover.wordpress.com)
Elang Jawa yang dijadikan simbol negara ini kini juga hampir punah. Jumlah elang Jawa ini lun tidak banyak lagi. Dan lebih sayangnya lagi, Elang Jawa hanya dapat bertelur 2 butir setiap tahun dan hanya menetas 1 butir pertahunnya.

5. Vaquita

Image: Vaquita (Ladyfreethinker.org)
Bagi kamu yang baru mendengar nama hewan ini, mungkin cukup asing sekali. Namun hewan ini ternyata juga hampir punah dikarenakan diburu oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Mereka banyak memburu hewan ini karena Totoba dan juga Insangnya sangat mahal yaitu seharga $4.000/pon. Kini jumlah Vaquita hanya tersisa kurang dari 100 ekor.

6. Harimau Sumatera

Image: Harimau Sumatera (Pedomanbengkulu.com)
Harimau Sumatera ini juga hampir punah karen banyak diburu oleh orang lain. Harimau ini diburu karena kulitnya yang sangat begitu indah dan mahal. Selain itu, Harimau ini juga kehilangan habitat karena tempat tinggal mereka dialih fungsikan menjadi lahan perkebunan. Kini Harimau Sumatera hanya tersisa kurang dari 100 ekor.

7. Macan Tutul Jawa

Image: Macan Tutul Jawa (Wisatapriangan.co.id)
Macan yang memiliki 2 jenis varian ini juga termasuk kedalam golongan hewan yang hampir punah. Macan tutul ini memiliki 2 jenis, yaitu macan yang berwarna terang dan juga macan yang berwarna hitam atau biasa disebut Macan Kumbang. Jumlah Macan ini pun tinggal sedikit, yaitu berkisar 300 ekor bahkan kurang.

8. Serigala Merah Amerika

Image: Red Wolf (en.wikipedia.org)
Serigala Merah atau Red Wolf yang berasal dari Amerika kini jumlahnya dapat dihitung dengan jari yaitu sekitar 20 ekor saja. Kini pemerintah Amerika Serikat berusaha keras menjaga agar hewan ini tidak punah seluruhnya.

9. Lumba-Lumba Sungai Yangtze

Image: Baiji (Faunadanflora.com)
Lumba-Lumba Sungai Yangtze yang biasa disebut dengan nama Baiji oleh masyarakat sekitar. Hewan ini dapat ditemui di sungai Yangtze, Tiongkok. Jumlah lumba-lumba ini juga cukup sedikit sekali yaitu sekitar 10 ekor saja lagi. 

10. Kura-Kura Raksasa Pulau Pinta

Image: Kura-Kura Raksasa Pulau Pinta (Tekno.tempo.co)
Kura-kura raksasa ini pada tahun 1970 semoat dinyatakan sudah punah. Namun, Akhirnya pemerintah dapat menemukan kembali kura-kura jenis ini. Kini jumlah kura-kura raksasa ini hanya tinggal 1 ekor di seluruh dunia.



Nah, itulah dia ulasan mengenai hewan-hewan yang kini hampir punah. Bagaimana perasaan kamu setelah membaca artikel ini? Sedih bukan? Maka dari itu kita wajib melestarikan habitat dan populasi seluruh hewan yang ada di dunia. Kita juga dilarang melakukan pemburuan secara liar untuk diambil hasilnya tanpa melihat jumlah hewan tersebut.

Berlangganan Update Artikel Terbaru Via Email:

0 Response to "Hewan Yang Hampir Punah, Banyak Berasal Dari Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel